Bentuk Pendidikan Berkarakter, SMPN 11 Mesuji Rutin Gelar Salat Dhuha

Siswa SMPN 1 Mesuji Tunaikan Salat

MESUJI–Salah satu pendidikan karakter yang diterapkan SMPN 11 Mesuji yang terletak di Desa Bujung Buring, Tanjung Raya dengan melakukan Salat Dhuha secara berjamaah setiap hari Selasa – Kamis.

Itu dilakukan setelah lonceng berbunyi pukul 07.30 WIB para siswa langsung menuju Musala untuk melakukan Salat Dhuha secara berjamaah.

Menurut Kepala SMPN 11 Mesuji Sumono selain Salat Dzuhur yang dilakukan secara  berjamaah para siswa baik putra maupun putri selalu melakukan Salat Dhuha berjamaah dan sudah diterapkan sejak ajaran baru tahun 2018 ini kecuali hari Jumat dan Senin karena Jumat para siswa kegiatannya senam dan hari Senin upacara.

“Salat berjamaah merupakan pendidikan karakrer yang kita terapkan di sekolah SMPN 11 Mesuji. Tujuannya untuk melatih para siswa agar mereka lebih disiplin, terlebih pendidikan agama ini harus selalu ditanamkan ke para siswa agar memiliki pondasi ilmu agama  yang kuat untuk bekal menghadapi kehidupan mereka kelak di kemudian hari,” jelas Sumono, Selasa (13/11/2018).

Sumono menambahkan pendidikan karakter semacam ini lebih tepat sebagai pendidikan budi pekerti. Pembelajaran tentang tatakrama, sopan santun, dan adat-istiadat, menjadikan pendidikan karakter semacam ini lebih menekankan kepada perilaku-perilaku aktual tentang bagaimana seseorang dapat disebut berkepribadian baik atau tidak baik berdasarkan norma-norma yang bersifat kontekstual dan kultural.

“Jadi dalam Salat Dhuha berjamaah yang kita lakukan itu kordinatornya yaitu guru agama dengan didukung semua dewan guru dan setiap habis Salat Duhur juga diadakan tauziah atau kultum bergilir dari para siwa itu sendiri,” terangnya.

Menurutnya kualitas moral menurut pandangan Sumono yaitu dalam kehidupan manusia Indonesia dewasa ini, terutama di kalangan siswa, menuntut terselenggarakannya pendidikan karakter. Sekolah dituntut untuk memainkan peran dan tanggungjawabnya untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai yang baik dan membantu para siswa membentuk dan membangun karakter mereka dengan nilai-nilai yang baik.

“Pendidikan karakter diarahkan untuk memberikan tekanan pada nilai-nilai tertentu seperti rasa hormat, tanggungjawab, jujur, peduli, dan adil– dan membantu siswa untuk memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka sendiri,” imbuhnya.

Disinggung mengenai sekolah lain yang sudah menerapkan sholat Dhuha secara berjamaah di Kabupaten Mesuji hanya di sekolahnya.”Kayaknya baru di sekolah kita. Kecuali Salat Dzuhur sudah hampir di sekolah yang menerapkan full day school sudah melaksanakan Salat Dzuhur berjamaah,” tukasnya (Misdi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *