Plt Bupati Lampung Selatan Hadiri Ngaben Masal di Balinuraga

Suasana Ngaben masal di Balinuraga
Lampung Selatan : Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menghadiri acara Ngaben Massal di Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan, Rabu (1/8/2018).
Kegiatan yang berlangsung di lapangan desa setempat, ratusan umat hindu meramaikan kegiatan religi tersebut.
Nanang Ermanto mengatakan, merupakan upacara umat hindu bali, tetapi juga merupakan warisan budaya yang perlu di lestarikan. Kedepan, kata Nanang Ermanto, kegiatan Prita Yadnya akan menjadi agenda pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, karena memiliki potensi besar di bidang pariwisata.
“Tradisi ini merupakan warisan besar budaya bangsa,” kata, Nanang Ermanto.
Kegiatan keagaman agama Hindu tersebut, banyak diikuti dari luar daerah Lampung, sehingga kedepan pemkab Lampung Selatan ikut campur dalam acara Ngaben massal.
“Akan dimasukan kedalam agenda tahunan Pemkab Lamsel,” katanya.
Data diperoleh media ini, sebanyak 164 kerangka jenazah dikremasi dalam acara Prita Yadnya atau Ngaben massal di Desa Balinuraga. Kerangka jenazah yang akan dikremasi terdiri dari 56 Ngelungah atau bayi dan 108 sawe atau orang dewasa.
Ngaben massal yang secara rutin dilakukan masyarakat hindu di Desa Balinuraga tidak hanya berasal dari desa setempat, banyak berasal dari luar daerah. Dilakukannya secara berasama kegiatan keagamaan umat Hindu tersebut, untuk meringankan beban biaya. (Eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *