Sekda Lampung Selatan Lepas Keberangkatan Ratusan Calon Jamaah Haji

Suasana pelepasan calon haji Lampung Selatan

Lampung Selatan : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) melepas keberangkatan 339 jamaah calon haji (JCH) Lamsel di Masjid Bani Hasan, Kalianda, Senin (30/7/2018).

Pelepasan pemberangkatan para tamu Allah, menuju Arsama Haji Bandar Lampung tersebut, dilakukan secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lamsel, Fredy didampingi pejabat teras kabupaten setempat.

Fredy mengatakan, ibadah haji merupakan perjalanan spiritual yang diperintahkan oleh Allah SWT. Kewajiban itu menurutnya, ditujukan bagi umat Islam yang mampu secara fisik dan mental.

“Oleh karenanya manfaatkanlah kesempatan yang sangat terbatas ini, karena jumlah umat Islam yang berkeinginan berangkat ke tanah suci lebih besar dari kuota yang ditetapkan,” ujar Fredy.

Dia mengimbau, kepada JCH untuk memanfaatkan waktu dengan memperbanyak ibadah dan berdoa di tempat-tempat yang mustajab. Sebab katanya, para jamaah yang berangkat merupakan orang-orang terpilih dan beruntung.

“Kita patut bersyukur, sebab masih banyak saudara-saudara kita yang sudah siap lahir batin, fisik dan mental bahkan sudah mempersiapkan segala sesuatunya, namun belum bisa berangkat tahun ini,” katanya.

Fredy juga berharap, JCH saling menjaga kekompakan, tolong menolong, serta menjaga nama baik daerah dari setiap sikap maupun perilaku terhadap seluruh jamaah haji, selama berada di tanah suci Mekkah.

“Semoga pelaksanaan ibadah haji bapak ibu menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Karena nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh, baik secara individual maupun secara social,” harapnya.

Sementara, panitia penyelenggara haji Kabupaten Lamsel, Sufli Sanadi,  menyampaikan,jumlah keseluruhan JCH Kabupaten Lamsel sebanyak 339 orang, dengan rincian laki-laki sebanyak 156 orang dan wanita sebanyak 183 orang.

Dia menjelaskan, untuk JCH tertua laki-laki, yaitu Narjo Pawiro, berusia 95 tahun, asal Kecamatan Way Panji. Sedangkan, untuk jamaah perempuan, yaitu Rosida Agus Mangid yang berusia 93 tahun, asal Kecamatan Kalianda.

“Selanjutnya untuk jamaah calon haji termuda laki-laki, yaitu Novrizal Adi Santoko yang berusia 30 tahun.Dan untuk wanita, yaitu Wananda Ayu Lestari, yang berusia 23 tahun, keduanya berasal dari Kecamatan Natar,” terang Sufli.

Lebih lanjut Sufli menerangkan, JCH Kabupaten Lamsel yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 32, berada di sektor 3 wilayah Raudah. (Eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *