KNPI Lampung Ikuti Upacara Peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional

Bandar Lampung – Upacara bendera memperingati 114 Tahun Kebangkitan Nasional tahun 2022 dilaksanakan secara serentak dan terbatas oleh Pemerintah Provinsi Lampung bersama Kantor, Lembaga, Instansi Pemerintah, organisasi masyarakat,dan lain sebagainya pada daerah-daerah dengan status penularan Covid-19 yang sudah terkendali, upacara dilaksanakan secara langsung dengan peserta yang hadir secara fisik sangat dibatasi serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di lapangan korpri, Jum’at (20/5/2022).

Pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Provinsi Lampung Hj. Chusnunia Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D. mengatakan, Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022 ini, kondisi penanganan pandemi Covid-19 sudah semakin membaik dan memiliki risiko yang rendah.

“Setelah situasi yang semakin membaik, maka saatnya untuk bangkit. Peringatan Harkitnas pada tahun ini menjadi sebuah titik balik untuk bangkit bersama sesuai dengan tagline Pemerintah Provinsi Lampung, Optimis Lampung Bangkit,” ujarnya.

Hj. Chusnunia Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D. menambahkan, Tema yang diusung pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 adalah “Ayo Bangkit Bersama”. Sebuah tema yang memiliki semangat bergotong royong melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa Indonesia dari pandemi Covid- 19.

Lebih lanjut, Menurut Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 yang diterbitkan oleh Kementerian Kominfo, tujuan dari penyelenggaraan peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-rotong sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa dari pandemi Covid- 19 dalam “Ayo Bangkit Bersama”.

Hj. Chusnunia Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D. menjelaskan, Pemerintah Juga menerbitkan logo Harkitnas Tahun 2022 yang secara keseluruhan bergambar Siluet Gunungan Merah Putih, Angka 114, dan Tagline Indonesia Bangkit dengan latar belakang berwarna biru.

“Adapun Siluet Gunungan merah putih seperti roket yang melambangkan awal dari kebangkitan Indonesia seperti roket yang menjulang tinggi. Lalu angka 114 di dalam gunungan merah putih melambangkan bahwa sejak 114 tahun yang lalu Indonesia melindungi dan mengayomi rakyatnya dengan kedamaian,” tuturnya.

Adapun Tagline Indonesia Bangkit dengan font Bold melambangkan tekad bangsa Indonesia untuk bangkit.

Selanjutnya pada sisi perwarnaan, merah memiliki arti kuat, berani dan bersemangat yang berkobar. Lalu putih melambangkan kedamaian dan awal yang baru. Serta pada warna biru melambangkan perlindungan dan kenyamanan,” terangnya.

Adapun salah satu perwakilan Organisasi Masyarakat DPD KNPI Provinsi Lampung Een Riansah Mengatakan, Semangat Kebangkitan Nasional mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan. Ayo bersama-sama kita hadapi semua tantangan dan persoalan sebagai penerus bangsa. Selamat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 Tahun 2022. Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh! Hidup Pemoeda,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *