Bupati Tulangbawang Siapkan Tiga RS Untuk Antisipasi Hepatitis Akut

TULANGBAWANG – Untuk mengantisipasi penyakit hepatitis akut yang dianjurkan pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, Lampung menyiapkan tiga rumah sakit.

Rumah sakit ini diperuntukan bagi para pasien yang terjangkit penyakit tersebut.

Bupati Tulangbawang Winarti mengatakan persiapan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyakit hepatitis akut di Kabupaten Sai Bumi Nengah Nyappur.
“Ini bentuk antisipasi sejak dini sehingga jika kemungkinan terburuk terjadi semuanya sudah siap,” papar Winarti beberapa waktu lalu.

Dia juga menjelaskan dari tiga rumah sakit tersebut, terdapat satu rumah sakit swasta lain yang turut disiapkan jika wabah penyakit itu mulai terdeteksi menyebar di daerah setempat yakni Rumah Sakit Penawar Medika yang berada di Simpangpenawar, Kecamatan Banjarmargo.
Winarti menjelaskan kedua rumah sakit itu akan menangani pasien yang terdeteksi memiliki gejala awal penyakit yang kini menyerang anak-anak.
“Sementara untuk RSUD Menggala jadi tempat rujukan. Tapi juga siap melayani pasien yang memiliki gejala ringan atau berat,” ujarnya.

Selain menyiapkan tiga rumah sakit, Winarti mengaku turut menyiapkan fasilitas penunjang lainnya seperti tim dokter, ruangan Intensive Care Unit (ICU), laboratorium, dan oksigen untuk pasien darurat.

“Semoga semua terhindar dari penyakit ini, namun jika ada yang memang terjangkit, tiga rumah sakit tersebut siap menangani para pasien yang terjangkit penyakit Hepatitis Akut,” ungkapnya. (Sut)

Tinggalkan Balasan