PWI Dan Baznas  Tulangbawang Lestarikan Budaya Pukew Sawur

Menggala – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tulangbawang, Lampung bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tulangbawang sukses menggelar Derama Pukew Sawur (bangun sahur), Rabu malam (27/04/2022).

Ditengah rintik hujan panitia pukew sawur dan tim pemain Drama yang berjudul “Sakik Pai Mangi Bangek (Sakit dulu baru senang)”. Terus melanjutkan jadwal yang sudah ditetapkan, titik pertama bunderan jalur dua Pemda, titik kedua Ujung Gunung Tangga Raja, titik ke tiga Jalan Senayan.

Semakin malam hujan semakin deras membasahi tubuh pantia dan pemain Pukew Sawur. Namun tetap tidak mengendurkan semangat mereka, untuk terus menyelesaikan jadwal yang sudah ditetapkan untuk melestarikan budaya asli Tulangbawang, PWI bersama dengan Baznas Tulangbawang menggelar acara Drama Pukew Sawur dalam rangka Program berkah Ramadan 1443 H/ Tahun 2022 M.

Ketua PWI Tulangbawang Abdul Rahman, mengatakan, kegiatan Pukew Sawur ini sebagai bentuk kepedulian Organisasi PWI bekerjasama dengan Baznas Tulangbawang untuk menghibur masyarakat Kecamatan Menggala sebelum melaksanaan Sawur di Bulan Suci Ramadhan.

”Pada Tahun ini PWI Tulangbawang bekerjasama dengan Baznas Tulangbawang juga telah menggelar acara sedekah maling yang dahulu memberikan sedekah secara diam-diam tanpa diketahui oleh penerima, serta membagikan Takjil,” jelasnya.

Dikatakan Abdulrahman, dari berbagai program PWI bersama Baznas Tulangbawang yang sangat menarik adalah program sedekah maling dan Drama Pukew Sahur mengingat program ini sudah lama menghilang, dan pada bulan suci Ramadhan ini.

“Cerita lama ini kita angkat kembali untuk melestarikan budaya masyarakat yang hampir hilang ini,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Baznas Tulangbawang, Yantori mengatakan pihaknya sangat berterima kasih sekali kepada temen-Temen PWI untuk menghibur masyarakat Menggala.

“Mudah-mudahan ditahun yang akan datang akan kita gelar kembali dengan lebih meriah lagi,” ucapnya.

”Dengan melihat antusiasnya masyarakat dalam menghadiri acara Pukew Sahur ini walau dalam suasana hujan mereka tetap tidak meninggalkan acara ini berarti masyarakatnya merasa terhibur, maka dari itu mudah-mudahan ditahun mendatang akan kita gelar kembali dengan lebih meriah,” tutupnya. (Sut)

Tinggalkan Balasan