Walikota Metro Resmikan Kampung Restorarive Justice

Metro – Walikota Metro resmikan Kampung Restorative Justice Kota Metro yang di hadiri langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Lampung, berlangsung di Bung Yos Jl. Bungur Metro Pusat, Kamis (14/04/2022).

Walikota Metro Wahdi atas nama Pemerintah Kota dan masyarakat mengucapkan selamat datang kepada Kajati Lampung Nanang Sigit Yulianto beserta jajaran di Kota Metro dalam rangka Kampung Restorative Justice Bungur Yos Sudarso (Bung Yos), dengan harapan kehadirannya dapat memotivasi dan memberikan manfaat serta mempererat jalinan tali silaturahim dan komunikasi.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa peluncuran Kampung Restorative Justice ini merupakan kampanye Kejaksaan Agung, dalam upaya menyelesaikan persoalan hukum, terutama yang berhubungan dengan tindak pidana dengan kerugian kecil dan sebagai upaya agar tidak semua perkara harus berakhir di pengadilan dan tahanan,” terangnya.
Dirinya berharap kerjasama dan sinergi dalam bidang hukum dan bidang-bidang lainnya dapat terus terpelihara, karena kerja sama tersebut telah terbukti memberikan jaminan keamanan dan ketertiban untuk masyarakat Kota Metro.

Sementara itu Kajati Lampung Nanang Sigit Yulianto menjelaskan, Restorative justice merupakan sarana penyelesaian tindak pidana yang dapat menciptakan hubungan harmonis ditengah masyarakat, dimana tujuan utamanya merupakan perdamaian yang hakiki selaras dengan kearifan lokal masyarakat.

“Kampung restorative justice merupakan rumah kita bersama, bagi pencari keadilan maka dari itu, jaga dan lestarikan terus jangan sampai terabaikan, bukan berarti melindungi pelaku kejahatan, tapi untuk keadilan bersama. Lihat dulu kasusnya, kalau memang harus dihukum, ya dihukum, namun jika dapat diselesaikan secara mufakat bersama tokoh masyarakat dan pihak terkait, maka akan diselesaikan secara kekeluargaan,” ucapnya.

Turut hadir dalam giat ini, Wakil Walikota Metro, Forkopimda, Sekda, para Staf Ahli, para Asisten Sekda, dan Tamu Undangan. (Bams)

Tinggalkan Balasan