Gubernur Lampung Hadiri Rapat Paripurna DPRD

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung, di Ruang Sidang DPRD Provinsi Lampung, Bandar Lampung, Rabu (2/2).

Adapun agenda rapat paripurna DPRD Provinsi Lampung tersebut yaitu Laporan Hasil Kerja Panitia Khusus Terhadap Pembahasan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Perwakilan Provinsi Lampung Atas Pemeriksaan Kinerja Atas Upaya Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahun Anggaran 2021 Pada Pemerintah Provinsi Lampung di Bandar Lampung dan Instansi Terkait Lainya dan Pemeriksaan Kinerja Atas Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Berbasis Kerja Sama Industri dan Dunia Kerja Dalam Rangka Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dan Berdaya Saing Tahun Anggaran 2020 s.d Semester I 2021 Pada Pemerintah Provinsi Lampung di Bandar Lampung dan Instansi Terkait Lainya.

Juru Bicara Panitia Khusus DPRD Provinsi Lampung, Budhi Condrowati, menjelaskan bahwa sasaran evaluasi dan rekomendasi terhadap LHP tersebut yaitu diarahkan kepada identifikasi dan inventarisasi kemajuan, kendala, hambatan serta keberhasilan penyelenggaraan pelayanan masyarakat pada bidang kesehatan khususnya dalam kondisi pandemic covid-19, serta dalam bidang pendidikan yang dalam hal ini mempersiapkan generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing dalam era globalisasi guna pemantapan kualitas, efektifitas, dan efisiensi penyelenggaraan pembangunan daerah serta penguatan akuntabilitas penyelenggara pemerintah daerah demi terwujudnya good governance dan good government.

Adapun tujuan pembahasan terhadap LHP tersebut, lanjut Budhi Condrowati, yaitu untuk memperoleh gambaran secara utuh dan menyeluruh mengenai kinerja Pemerintah Provinsi Lampung atas upaya pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan kinerja atas penyelenggaraan pendidikan berbasis kerjasama industry dan dunia kerja dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing.

Kemudian, sasaran yang hendak dicapai adalah tercapainya target 100% vaksinasi covid-19 terhadap masyarakat di Provinsi Lampung, sehingga diharapkan seluruh masyarakat di Provinsi Lampung dapat terbebas dari pandemic covid-19 dalam waktu dekat yang dilaksanakan oleh OPD terkait yaitu Dinas Kesehatan.
Serta, mewujudkan generasi muda di Provinsi Lampung yang memiliki kualitas sehingga memiliki daya saing dalam memasuki dunia kerja, maupun dapat menciptakan lapangan kerja secara mandiri setelah mendapatkan pendidikan vokasi di Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan itu, Budhi Condrowati menyampaikan sejumlah rekomendasi khusus, diantaranya yakni Pansus mendukung penuh usaha Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan jajaran dalam upaya menekan tinginya laju pandemic covid-19 di Provinsi Lampung.

Kemudian, untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Pansus merekomendasikan diantaranya untuk mengevaluasi renstra pendidikan vokasi dengan peta jalan pendidikan vokasi, RPIP, dan industry unggulan provinsi yang dilakukan bersama dengan Bappeda Provinsi Lampung agar dalam pelaksanaannya dapat lebih menyentuh sasaran kepada Pendidikan vokasi serta dengan meningkatkan mutu pendidikan vokasi sehingga dapat memudahkan siswa penerima pendidikan vokasi dalam memasuki industry dan dunia kerja. (rlsi)

Tinggalkan Balasan