Cegah Covid-19, Dinkes Lampung Tunggu Hasil Swab 54 Orang

BANDAR LAMPUNG : Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyebutkan saat ini sedang menunggu hasil swab terhadap 54 orang di Provinsi Lampung, untuk diketahui statusnya apakah terkonfirmasi positif atau negatif Virus Corona (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan, selain menunggu hasil swab terhadap 54 orang ini, pihaknya juga sedang melakukan pendataan terhadap peserta dari Lampung yang mengikuti tablig akbar di Gowa Sulawesi Selatan.

“Saat ini, kami masih menunggu 54 hasil swab. Dimana hasil swab tersebut masih menunggu baik dari Palembang maupun dari Jakarta. Kami juga sedang melakukan pendataan terhadap siapa saja orang-orang yang pernah hadir di ijtima jamaah tablig se-Asia di Gowa,” kata Reihana, seperti dilansir Lampungpro.co, Selasa (28/4/2020).

Hingga saat ini, klaster Gowa tersebar dibeberapa daerah kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Diantaranya ada di Tulangbawang Barat, Lampung Barat, Lampung Utara, Lampung Selatan, Bandar Lampung, dan Way Kanan. “Saat ini, kami juga sudah melakukan tracing terhadap klaster Gowa. Caranya dengan melakukan rapid tes terhadap semua klaster Gowa tersebut. Adapun hasilnya negatif,” ujar Reihana.

Jika nantinya ditemukan positif Covid-19, Dinas Kesehatan akan langsung melakukan pemeriksaan swab, dengan polymerase chain reaction (PCR). Jika hasilnya positif, tentu nantinya akan dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri.

“Adapun klaster Gowa yang konfirmasi hasil swabnya positif, jika sakit juga dilakukan sebagaimana tata laksana terhadap pasien Covid-19. Jadi memang klaster Gowa ini, menjadi yang terbanyak. Namun kami juga punya klaster lainnya selain Gowa,” jelas Reihana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *