Tanggulangi Covid-19 di Lampung, UBL dan Darmajaya Gelar Baksos Bersama

Bandarlampung — Dalam upaya menanggulangi merebaknya penyebaran corona virus diaseas 2019 atau Covid-19, para mahasiswa dan dosen dari Kampus Universitas Bandarlampung dan IIB Darmajaya menggelar bakti sosial (baksos) bersama.

Mulai dari melakukan penyemprotan desinfektan, serta pembagian masker dan hand sanitizer pada delapan desa di Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan, 16 – 21 April 2020.

Kegiatan bertajuk “Kita Bangun Perilaku Hidup Sehat Guna Menghambat Penularan Virus COVID -19” itu bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya perilaku hidup sehat.

Dr Rajiman, selaku dosen pendamping kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan, baksos tersebut melibatkan berbagai pihak, diantaranya dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Sipil UBL, Dosen IIB Darmajaya, serta aparat desa di kecamatan setempat.

“Sosialisasi yang dilakukan pada delapan desa ini, difokuskan pada sasaran utama yakni tempat ibadah, balai desa, pasar, rumah warga dan tempat – tempat umum lainnya yang di pandang perlu dan berpotensi besar terjadinya penyebaran Covid -19,” kata Rajiman, Rabu (22-4-2020).

Dalam baksos tersebut, dosen asal UBL itu juga menginformasikan kepada warga setempat tentang pentingnya perilaku hidup sehat dalam menghadapi Covid – 19 sebagaimana ajakan yang diserukan Rektor UBL Prof. Dr. Ir M Yusuf S Barusman melalui Gerakan Bersama Kita Kuat (Gema Taat).

“Mari kita ciptakan prilaku hidup sehat melalui peningkatan ketahan fisik, mental, sosial, budaya dan ekonomi di semua lapisan masyarakat,” serunya.

Terkait peran perangkat desa, Rajiman menyebut bahwa perangkat desa adalah ujung tombak sosialisasi dan mobilisasi masyarakat dalam melawan Covid – 19.

“Ini adalah saat yang tepat untuk bersatu padu melawan Covid – 19. Ini adalah masalah kita bersama baik bangsa, negara dan masyarakat,” jelasnya.

Menurut dia, saat ini lah waktunya bertindak nyata, berjuang melakukan sesuatu untuk sesama.

“Kepedulian sosial jangan sampai hilang, justru dengan kebersamaan akan menjadi perekat di masyarakat untuk bersama – sama mengatasi pandemi ini,” ungkapnya.

Sementara, Dosen IIB Darmajaya Dr Ir Supriyadi mengatakan, pihaknya juga terlibat melakukan penyemprotan desinfektan guna menangkal Covid- 19, khususnya di Kecamatan Jatiagung.

“Bersamaan dengan acara tersebut kami pun membagikan masker dan hand sanitizer untuk warga,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu, Supardi pun mencontohkan gerakan cuci tangan yang baik dan benar, hingga mepaparkan soal pentingnya membersihkan lingkungan.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *