Anggaran Distan dan Pangan Lampung Timur Rp2,5 M Difokuskan Infrastruktur

SMSI Lampung, Lampung Timur – Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Lampung Timur M Yunus HR akan memfokuskan infrastruktur Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur, dengan menunda anggaran hibah alat mesin pertanian (Alsintan) untuk kelompok tani tahun anggaran 2019.

Menurut Yunus, setidaknya Rp 2,5 miliar anggaran dinas yang dipimpinnya saat ini tidak dapat merealisasikan anggaran pengadaan Alsintan senilai Rp 2,5 miliar,, meskipun anggaran tersebut telah masuk dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Benar, walaupun sudah ada dalam DPA, untuk Alsintan Rp 2,5 miliar tahun 2019 ini dipending karena difokuskan untuk infrastruktur, itu tegas disampaikan Bupati (Zaiful) dalam forum rapat,” ungkap Yunus, Senin 21 Oktober 2019.

Diketahui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Lampung Timur APBD 2019 telah membelanjakan sekitar Rp26 miliar Alsintan melalui pengadaan barang dan jasa, E-Katalog sejak April silam, ironisnya, hingga saat anggaran tersebut tidak juga dibayarkan.

Menurut Yunus, belum dibayarnya Anggaran tersebut lantaran Surat Keterangan (SK) penerima hibah barangnya, belum ditandatangani Bupati Lampung Timur, baik Chusnunia alias Nuni, ataupun Zaiful Bokhari , yang saat ini telah menjadi bupati definitif.

Kepada awak media Yunus mengakui adanya kesalahan administrasi dalam proses pelaksanaan belanja barang dan jasa Alsintan tersebut, namun katanya lagi, hal itu terjadi karena kesibukan Bupati Chusnunia Chalim, sehingga Dinas Pertanian belanja hanya berdasarkan DPA. (FR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *