Pilwakot Metro 2020, Golkar akan Buka Penjaringan Calon

Metro – Tim penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Partai Golkar Provinsi Lampung melakukan rapat koordinasi bersama tim penjaringan dari DPD II Partai Golkar Kota Metro, rapat koordinasi berlangsung di ruang rapat kantor DPD II Partai Golkar Kota Metro, Minggu (6/10/2019).

Dalam rapat tersebut ketua Tim penjaringan Partai Golkar Provinsi Lampung H. Tony Eka Candra diwakilkan oleh wakil ketua tim Penjaringan Riza Mihardi dan didampingi sekretaris Tim penjaringan Bambang Purwanto, turut hadir Adrina Yustitia selaku koordinator pemenangan wilayah Kota Metro Partai Golkar Provinsi Lampung dan wakil Sekretaris Muhidin.

Rapat koordinasi dibuka langsung oleh sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Metro Subhan mewakili ketua DPD II Partai Golkar Kota Metro Achmad Pairin, dalam sambutanya menyampaikan melalui rapat koordinasi bersama Tim penjaringan dari Partai Golkar Provinsi Lampung diharapkan mampu memberikan saran, tugas, petunjuk, dan masukan dalam rangka persiapan pendaftaran dan pengembalian berkas bakal calon wali kota & wakil wali kota yang akan dilaksanakan oleh Tim penjaringan Golkar Kota Metro.

“Agenda rapat koordinasi ini diharapkan menjadi acuan tim Penjaringan di Kota Metro dalam melaksanakan jadwal pendaftaran sekaligus pengembalian berkas yang akan dibuka pada Senin tanggal 7 Oktober sampai 21 Oktober 2019 setiap hari Senin sampai Sabtu dan mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 Wib,” jelas Subhan.

Sementara, Riza Mihardi mewakili Ketua Tim penjaringan Partai Golkar Provinsi Lampung H Tony Eka Candra mengatakan dengan dibentuknya tim Penjaringan di tingkat provinsi, Kabupaten dan Kota Se-Lampung yang menghadapi agenda pemilihan kepala dan wakil kepala daerah tahun 2020, nantinya akan mampu menjaring dan merekomendasikan bakal Calon wali kota dan wakil wali kota yang berkualitas, berkompeten, jujur, bersih dan amanah untuk masyarakat Kota Metro.

“Melalui tim penjaringan inilah nantinya akan menyeleksi dan merekomendasikan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang layak untuk memimpin dan mewujudkan Kota Metro Berjaya” terangnya.

Sekretaris Tim Penjaringan Golkar Provinsi Lampung, Bambang Purwanto menjelaskan secara teknis mengenai proses penjaringan bakal calon wali kota dan wakil yang akan dilaksanakan oleh tim penjaringan Golkar Kota Metro sehingga tahapan penjaringan kandidat sudah sesuai dengan acuan yang tertuang dalam UU Nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, baik tentang penyusunan formulir pendaftaran sampai penentuan syarat bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang mendaftar di Partai Golkar wajib melengkapi 16 formulir isian sesuai amanat UU No 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah diantaranya formulir identitas, surat pernyataan kerjasama dengan partai, daftar riwayat hidup, pernyataan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pernyataan sesuai dengan pedoman Pancasila, pernyataan mengenal Daerah Kota Metro, pernyataan belum pernah menjabat sebagai kepala daerah berturut-turut dalam satu provinsi,” ucap Bambang.

Kemudian surat setia membangun kesetiaan, pernyataan Bersedia mengundurkan diri dari jabatan TNI/Polri, Surat pernyataan pemberitahuan kepada pimpinan DPRD bersedia mengundurkan diri, surat pernyataan sehat jasmani dan rohani, pernyataan tidak pernah sebagai terpidana. Surat tidak sedang dicabut hak pilihnya dari pengadilan, Surat tidak punya tanggungan atau hutang dan Surat tidak sedang pailit dari pengadilan niaga. Ketentuan yang lain yaitu membuat visi misi bakal calon wali kota – wakil wali kota dan bupati wakil bupati, sedangkan proses pengembalian berkasnya wajib diserahkan langsung oleh Bakal Calon Walikota dan wakil Walikota yang mendaftar di Partai Golkar.

Selanjutnya dijelaskan Bambang tentang jadwal verifikasi berkas pendaftaran dan rapat pleno tingkat Kota digelar tanggal 22 sampai 27 Oktober 2019 sedangkan penyampaian rekomendasi hasil penjaringan dari Kota ke Provinsi akan dilaksanakan tanggal 27 – 28 Oktober 2019.

Melalui kesempatan yang sama Subhan sebagai sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Metro sekaligus sekretaris tim penjaringan Partai Golkar Kota Metro mengucapkan terimakasih atas petunjuk dan saran kepada Tim penjaringan Partai Golkar Provinsi Lampung dalam rapat koordinasi tersebut.

“Saya selaku sekretaris tim penjaringan Partai Golkar mengapresiasi berjalannya rapat koordinasi tersebut, tim Kota Metro yang terdiri dari 12 Orang dipastikan akan bekerja profesional dan tanggungjawab, sehingga nantinya Partai Golkar Lamsel mampu merebut kemenangan,” tutup Subhan. (Bams)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *