Ganas Annar MUI Kota Bandar Lampung Sosialisasi Bahaya Narkoba di IIB Darmajaya

Bandar Lampung – Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Annar)  MUI Kota Bandar Lampung sosialisasikan pencegahan penyalahgunaan narkoba dan HIV- Aids saat Ories Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2019/2020 di IIB Darmajaya, Sabtu 21 September 2019.

Ketua Ganas Annar MUI Kota Bandar Lampung, dr. Zam Zanariah,Sp.S.M.Kes konsisten menanggulangi pencegahan narkoba. Ganas Annar MUI Kota Bandar Lampung pun mitra pemerintah dalam  penggiat bahaya narkoba yang menjadi perhatian serius, khususnya di lingkungan kampus dengan mengutamakan langkah-langkah preventif.

“Yang pasti kami bekerja sama dengan perguruan tinggi dan melibatkan seluruh komponen yang ada di kampus, baik itu dosen, senat, serta mahasiswa,” kata dr. Zam usai memberikan penyuluhan.

Ia menjelaskan, langkah-langkah preventif itu dapat dilakukan melalui penyuluhan-penyuluhan oleh penggiat narkoba dan BNN sebagai upaya antisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus.

“Lebih baik dilakukan langkah preventif dibandingkan langkah-langkah penegakan hukum,” ucap dr. Zam.

Kecuali ujar dia, jika kasus penyalahgunaan narkoba memang sudah ada atau ditemukan. Hal itu tentu perlu dilanjutkan dengan adanya langkah penegakan hukum. Hal itu juga tidak cukup dilakukan pengelola kampus saja, melainkan perlu didukung aparat terkait untuk menindak hingga ke pengedar. Secara umum, ia menegaskan tantangan narkoba di kampus memang ada, namun tidak begitu besar sebab kasus narkoba yang ditemukan hanya sebatas pemakai.

“Rata-rata yang ditemukan di kampus adalah pemakai. Jadi langkah ke depan ialah antisipasi atas kasus serupa,” ujar dia.

Sementara itu, target utama dari pihak berwajib, jelas dia, ialah menangkap para bandar serta pengedar narkoba. Baik barang haram yang berasal dari luar negeri ataupun rumah-rumah industri dalam negeri.

“Jadi kami harap keaktifan dari seluruh komponen penggiat bahaya narkoba untuk melakukan tindakan lanjut dalam mengkampanyekan bahaya narkoba, baik Polri, BNN, Ormas-ormas serta tentunya mahasiswa dan masyarakat di lingkungan kampus,” katanya.

Peserta dalam kegiatan tersebut sebanyak 1299 mahasiswa baru IIB Darmajaya. Dan dihadiri oleh Pengurus Ganas Annar MUI Kota Bandar Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *