Perigati 1 Muharam 1441 Hijriyah, Klasika Ziarahi Makam Wali di Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG, – Umat Islam sedang menyambut dan merayakan tahun baru Islam 1 Muharam 1441 Hiriah. Banyak cara umat Islam dalam merayakan hari besar tersebut.

Seperti Kelompok Stusi Kader (Klasika), kelompok studi yang konsen pada bidang filsafat itu melakukan ziarah pada sejumlah makam wali Allah di Bandar Lampung. Hal itu dilakukan mulai malam tahun baru, Minggu, (1/9/2019).

“Kegiatan ini dilakukan agar kita, tidak melupakan sejarah,” ujar Ahmad Mufid, Direktur Klasika melalui siaran pers.

Mahasiswa UIN Raden Intan itu jiga menjelaskan bahwa makam yang mereka ziarahi merupakan tokoh yang berpengaruh dalam penyebaran Islam di Lampung. Mereka adalah Tubagus Mahdum, Tubagus Yahya dan Tubagus Sangkrah.

Selain makam Wali Allah, mereka juga menziarahi makam ketua PMII Lampung pertama, Hamdani Rene. Een Riansah, Penanggungjawab Program Klasika menjelaskan agar kita tetap saling mengasihi. Menurutnya ziarah merupakan salah satu bentuk kasih kepada yang telah mendahului.

“Ini (ziarah) sebagai implementasi dari bentuk Islam yang rahmatan lil ‘alamin,” kata.

Ia menyesali belakangan banyak terjadi keributan antar masyarakat yang dipicu sejumlah isu. Antara lain rasial, sentimen agama, dan kesukuan. Menurutnya itu salah satu bentuk tidak menghargai pencipta sejarah negara ini.

“Harusnya kita bisa saling mengasihi terlepas dari apa suku, agama, dan warna kulit kita, itulah yang dimaksud Islam yang Rahamatan lil ‘alamin,” tutur Een.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *