Desa Fajar Indah Siap Wakili Lampung Ikuti Lomba BBGRM Tingkat Nasional

 

MESUJI – Desa Fajar Indah, Kecamatan Panca Jaya, mewakili Kabupaten Mesuji dalam lomba penilaian Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan siap mewakili Provinsi Lampung dalam Lomba BBGRM tingkat nasional.

“Kami berharap, kepada tim penilai BBGRM dari Provinsi Lampung dapat menilai produk-produk yang kita pamerkan yang merupakan produk asli dari Desa Fajar Indah dan tentunya tak lupa pula dengan harapan bahwa Desa ini siap untuk mewakili provinsi Lampung dalam lomba BBGRM ditingkat nasional,” kata Kepala Desa Fajar Indah, Nadir
saat memberikan sambutan pada acara lomba BBGRM tingkat provinsi Lampung, di depan tim penilai lomba yang dipusatkan di Desa Fajar indah Kamis (05/04).

Kedatangan tim penilai lomba BBGRM tingkat Provinsi Lampung yang diketuai oleh Meiry Harika Sari di lokasi kegiatan disambut langsung Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mesuji Ferry Antoni bersama kepala desa dan seluruh masyarakat desa setempat.

Ketua Tim Penilai Lomba BBGRM tingkat Provinsi Lampung Meiry Harika Sari mengatakan, keberhasilan pembangunan tidak terlepas dari peran pemerintah daerah pada umum nya, dan pemerintah desa pada khususnya. Dan Salah satu budaya bangsa indonesia yang perlu dilestarikan untuk menunjang keberhasilan pembangunan adalah nilai-nilai gotong royong yang tumbuh dalam masyarakat Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, kegiatan BBGRM bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan menuju pada pembangunan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong-royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

“Untuk melestarikan nilai gotong-royong melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan perlu dilaksanakan kegiatan BBGRM ini dengan mengikutsertakan seluruh golongan masyarakat,” jelasnya.

Selain adanya perlombaan BBGRM ini, perlu juga diketahui bersama bahwa gotong- royong merupakan nilai-nilai asli nusantara yang diturunkan secara turun temurun dari generasi ke generasi didalam lingkungan budaya bangsa Indonesia.

“Gotong-royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa, yang harus dilestarikan secara berdayaguna dan berhasil guna untuk memperkuat nilai sosial ditengah masyrakat di desa,” terangnya.

Bersamaan  itu di Fesa Adi Luhur Kecamatan Panca Jaya juga menggelar acara lomba desa tingkat Provinsi Lampung yang dihadiri Plt Bupati Mesuji Hi Sapky TH, dan dari Provinsi dihadiri Yuda Setiawan Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung dan seluruh OPD dan camat se-Kabupaten Mesuji. (Di)

Tinggalkan Balasan