HUT Perawat ke-45, Ini Kegiatan PPNI Mesuji

MESUJI – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) pada ke-45, perawat se-Kabupaten Mesuji melakukan pemberatasan sarang nyamuk, Selasa (19/3).

Mereka yang tergabung dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)
berkumpul di Lapangan Nusa Indah, Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya.

Ketua panitia Fadzli Santoso, S.Kep., mengatakan kegiatan ini dalam rangka merayakan ulang tahun persatuan perawat nasional. Selain ceremony, tujuan diadakannya kegiatan itu adalah untuk pengabdian masyarakat diawali dengan kegiatan senam massal bersama masyarakat.

Selanjutnya penyuluhan tentang penyakit yang banyak terjadi di musim hujan, seperti demam berdarah. Kemudian, setelah penyuluhan kita tadi ada acara Ceremony, setelah itu turut dilakukan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan gula darah, dan donor darah.

“Harapannya dengan kegiatan ini pengabdian kepada masyarakat, tujuannya untuk mengenalkan bahwa profesi perawat memang betul-betul sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Diharapkan kedepan profesi perawat lebih solid dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, dan juga untuk pembangunan di Mesuji khususnya dibidang kesehatan,” tandasnya.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Mesuji Saply TH., yang berhalangan hadir diwakili oleh Asisten II Edison Basid yang membuka hari jadi PPNI yang di hadiri oleh ketua panitia Fadzli Santoso, S, Kep,MPH., dan ketua Umum PPNI Kusno Sujarwo,S,Kep.

Edison Basid mengatakan, perawat merupakan salah satu unsur kesehatan masyarakat yang saat ini mempunyai populasi terbanyak, diantara profesi kesehatan lain seperti dokter, farmasi, bidan serta profesi yang lain.

Di Mesuji sendiri, perawat menempati salah satu profesi di bidang kesehatan yang memiliki jumlah terbesar ada sekitar 210 orang tenaga perawat disana, dan tersebar di berbagai wilayah yang ada di Bumi Ragab Begawe Caram itu. Seperti di Rumah Sakit, Puskesmas Rawat Inap, dan Klinik Swasta. Melihat begitu besarnya jumlah populasi perawat, secara otomatis memiliki peran yang besar dalam pembangunan di bidang kesehatan.

Dengan demikian, perawat memiliki andil yang besar untuk mewujudkan pembangunan kesehatan yang merupakan bagian dari pembangunan nasional yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus-menerus.

“Melalui kesempatan ini, saya berharap PPNI sebagai mitra kerja Pemerintah untuk senantiasa memberikan kontribusi dalam mendukung pembangunan kesehatan sekaligus memperjuangkan pengembangan profesi dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” ujar Edison. (Di)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *