Banjir Rendam Ratusan Rumah di Mesuji, Ketinggian Hampir Dua Meter

MESUJI– Intensitas hujan yang tinggi  dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Mesuji mengakibatkan air sungai meluap dan menyebabkan banjir di dusun Tebing Laut dan dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur.

Setidaknya ada sekitar 231 rumah yang terendam banjir sejak Sabtu-Minggu (10/02/2019).

Berdasarkan informasi dari Kasubid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji, Sukatam saat ini dari dusun Talang Gunung  ada sekitar 50 kepala keluarga yang mengungsi ketempat saudaranya yang terdekat.

“Informasi malam ini di dusun Talang Gunung sekitar 50 KK yang sudah mengungsi ke tempat saudara terdekat  karena ketinggian air titik terdalam ada di 160 – 180 cm, dan tidak ada korban jiwa serta  tidak ada lahan sawah  yang terendam karena  mayoritas kebun singkong,” jelas Sukatam.

Menurut Ferry Antomi Sekcam Mesuji Timur rumah yang terkena dampak banjir di desa Talang Batu sebanyak  231 rumah dengan rinciannya di dusun Talang Gunung 90 rumah dan dusun Talang Batu sebanyak 3 rumah serta  dusun Tebing Laut sebanyak  138 rumah.

“Ya itu data yang kita peroleh dari Sekdes Desa Talang batu yang saat ini terkena musibah banjir dan dusun Tebing Laut yang paling banyak yang rumahnya terendam banjir,” jelas Ferry, Minggu  (10/02) malam.

Sebelumnya banjir juga melanda dusun Talang Gunung dan desa Talang Batu namun karena akses yang sulit hingga menjelang malam belum dapat dilakukan pendataan dan akan diteruskan hari berikutnya.

“Banjir disebabkan hujan dengan intensitas tinggi sehingga air sungai  pasang serta  naik kepermukiman warga dengan ketinggian mencapai 80 -100 cm, pantauan BPBD hingga pukul 18.00 wib air  sudah mulai surut,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Mesuji, Syahrir melalui    Kasubid Kedaruratan Badan BPBD Sukatam.

Menurutnya pendataan yang dilakukan oleh BPBD belum lengkap karena ada tiga lokasi yang terdampak banjir namun, untuk sementara baru di dusun Tebing Laut yang sudah terdata itupun belum semua.

“Setidak ada sekitar  40 rumah warga yang terkena banjir dan 7 hektar tanaman padi yang terdampak gagal panen. Sementara untuk dusun Talang Gunung Desa Talang Batu masih dalam pendataan teamTRC BPBD dan desa setempat,” ujarnya.(Di)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *