UIN Raden Intan Lampung Buka Pendaftaran SPAN

Foto ist

Bandarlampung – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung menerima mahasiswa baru dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) pada tahun akademik baru 2019/2020.

UIN membuka pendaftaran untuk 28 program studi strata-1.

Kuota SPAN-PTKIN tahun ini menerima 40 persen dari jumlah kuota dengan pagu yang sama dengan tahun sebelumnya 6000 mahasiswa baru. Berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu 50 persen untuk kuota SPAN.

“SPAN-PTKIN tahun ini kuotanya diturunkan agar  lebih selektif. Tahun lalu untuk jalur SPAN ini kita (UIN Lampung) dipercaya masyarakat dengan pendaftar terbanyak keenam secara nasional dan pertama se-Sumatera,” kata Kasubbag Humas UIN Hayatul Islam SE, Kamis (24/1/2019).

Selain SPAN, UIN juga akan membuka jalur masuk melalui Ujian Masuk (UM) PTKIN dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri. Masing-masing memiliki kuota, 40 persen dari kuota mahasiswa baru untuk UM-PTKIN dan 20 persen untuk SPMB Mandiri.

Pendaftaran SPAN ini sudah dibuka sejak di launching oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin di Jakarta, Rabu (23/1/2019). Menurut Lukman, SPAN dan UM-PTKIN merupakan langkah awal untuk melakukan perbaikan kualitas PTKIN. Kualitas PTKIN pada dasarnya dapat dilihat dari output atau keluaran yang dihasilkan.

“Yakni, seberapa besar PTKIN memiliki impact atau dampak bagi kehidupan tidak hanya bagi negara bangsa, tapi juga peradaban dunia,” katanya.

Menteri Agama melanjutkan, untuk memiliki output yang baik, tidak hanya dibutuhkan proses saja. “Input yang baik tentunya diharapkan akan berdampak kepada kualitas yang akan dihasilkan,” tambahnya.

Madrasah, Sekolah atau Pesanteren Muadalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN ini adalah yang terakreditasi dan Pesantren Muadalah yang secara sah memperoleh izin penyelanggaraan pendidikan dari pemerintah.

Adapun jadwal dari SPAN yaitu, pengisiaan dan verifikasi PDSS serta pendaftaran pada 23 Januari – 28 Februari 2019; proses seleksi 8 – 22 Maret 2019; pengumuman hasil seleksi 1 April 2019; dan daftar ulang peserta 6-10 Mei 2019. Informasi terkait SPAN ini juga dapat diakses melalui website www.span-ptkin.ac.id dan www.radenintan.ac.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *