Senator Andi Surya Sosialisasi UU Perkeretaapian pada Warga Pinggir Rel Kotabumi

Foto ist
Kotabumi- Senator Lampung, Andi Surya 
mengatakan, Undang-Undang Perkeretaapian Nomor 23/2007 yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 56/2009 menjelaskan ruang milik kereta api adalah 6 meter kiri dan kanan rel.
“Bahwa grondkaart yang dibuat oleh Belanda di tahun 1913 cuma merupakan peta penampang rel KA, menurut ahli-ahli hukum agraria, gondkaart bukan dokumen kepemilikan. Selain itu grondkaart tidak ditemukan aslinya, yang dipegang PT. KAI hanya salinan, dengan demikian tidak memiliki kekuatan hukum apapun,” kata Andi Surya saat memenuhi undangan warga Kecamatan Kotabumi Kota dan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, yang terdampak lahan grondkaart pinggir rel KA klaim PT. KAI. Pertemuan dilakukan di Aula Kelurahan Sribasuki, Selasa (25/12/18).
Tokoh masyarakat Kotabumi yang lahannya juga terdampak klaim PT. KAI, Refizon, menyatakan, pihaknya sungguh tidak nyaman dengan oknum-oknum PT. KAI yang mengklaim lahan yang telah ditempati warga puluhan tahun.
“Bagaimana cara kami menghadapi agar lahan yang kami tempati ini tidak diutak-atik oleh oknum PT. KAI,” sebut Refizon.
Menjawab hal itu, Andi Surya menguraikan, UU Pokok Agraria No. 5/1960 memberi batas waktu konversi hak-hak barat secara nasional selama 20 tahun, namun hingga tahun 1980 grondkaart tidak pernah didaftarkan oleh PT. KAI yang waktu itu bernama Djawatan Kereta Api (DKA).
“Sehingga menurut ahli hukum agraria, grondkaart sebagai hak barat batal demi hukum,” ucap Andi Surya di hadapan sekitar 300-an warga masyarakat.
Oleh karenanya, Andi Surya menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir karena secara defacto PT. KAI tidak pernah memanfaatkan, memelihara bahkan mengusahakan lahan grondkaart.
“Di sisi lain, lahan yang telah ditempati warga lebih dari 20 tahun menurut UU Pokok Agraria bisa diajukan permohonan sertifikasi kepada Kantor BPN,” sebutnya.
Sementara itu, Tengku Amanda, Ketua Forum Masyarakat Bersatu Lampung yang turut serta dalam pertemuan tersebut, menjelaskan, saat ini Kantor BPN memang masih ragu-ragu untuk mensertifikasi lahan grondkaart karena pihak PT. KAI belum ikhlas melepaskan, namun kata dia, warga tidak perlu khawatir karena Presiden Jokowi telah menerbitkan Kepres Nomor. 62/2018 tentang proyek pembangunan yang berdampak sosial, yang isinya mengatur lahan yang dikuasai warga lebih dari 10 tahun akan diganti rugi layak apabila diperlukan untuk kepentingan pembangunan nasional.
Selanjutnya Andi Surya menyimpulkan, dengan demikian ada 4 aturan negara yang melindungi warga bantaran rel yaitu, UUPA Nomor 5/1960, UU KA Nomor 23/2007, PP KA No. 56/2009, dan Perpres Nomor. 62/2018.
“Ini menunjukkan negara sangat menghormati hak-hak agraria warga masyarakat,” ucap Andi Surya.
Sementara itu, tokoh masyarakat Kotabumi lainnya yang mantan anggota DPRD Lampung Utara dan pensiunan TNI-AD, Sunaryono, mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim Andi Surya yang hadir.
Ia berujar, akan memahami semua masukan dari Andi Surya, karena ini bekal berupa aturan negara, UU dan PP sebagai dasar hak-hak agraria dan ini menjadi pegangan warga menghadapi PT. KAI.
“Oleh karenanya kami siap memindahkan patok ruang milik KA menjadi hanya 6 meter saja,” tutup Sunaryono sembari menyalami Andi Surya dan tim yang hadir dalam pertemuan tersebut. (TeAm).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *