Warga Desa Jojok Lampung Timur Apresiasi Program DD

Drainase yang dibangun

Lampung Timur – Berkat dana desa (DD), program yang digulirkan Kemendes geliat pembangunan di desa sangat terlihat nyata.

 Program pembangunan desa sangat diapresiasi kepala desa, di antaranya, Sumari Kepala Desa Jojok Kecamatan Pekalongan Lampung Timur misalnya, beserta warga masyarakatnya, sangat terbantu semenjak adanya program tersebut.

“Tahun 2018 ini. Kami pergunakan untuk pembangunan infrasktuktur, saluran drainase, gorong-gorong plat, tersebar di dusun I, dusun II dan III,” terang Kades Sumari didampingi warga Jojog beserta TPK Nurrohim, belum lama ini.

Sumari mengatakan, terlaksananya pembangunan di desa tak terlepas dari dukungan masyarakat, dan tujuan masyarakat Jojog  merasakan hasil dari program DD tersebut dan tanpa dukungan mereka maka semua bisa tercapai sesuai apa yang diharapkan. “Saya sangat bersyukur, bahwa pembangunan yang sedang direalisasikan oleh aparatur desa serta dibantu oleh masyarakat desa yang  dialokasikan dari anggaran dana desa tahun 2018 ini sesuai dengan kesepakatan bersama dalam musyawarah desa (Musdes) lalu serta dikerjakan sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan gambar yang ada,” ujarnya.

Sehingga ditahun 2018 ini, lanjutnya, pihaknya dari pemerintah Desa Jojog akan tetap memprorioritaskan pembangunan fisik melalui anggaran APBN DD.

“Ini yang merupakan bagian dari visi dan misi dalam kepemerintahan saya untuk menata Desa Jojog menjadi desa yang maju dan dapat dipergunakan oleh masyarakat dalam beraktifitas sehari-harinya,” tambahnya.

“Saya berharap kepada pemerintahan desa (Pemdes) serta masyarakat agar dapat bersama-sama untuk menjaga dan merawat  pembangunan ini,” ajak Sumari.

Sesuai dengan program pemerintah pusat menyebutkan, salah satu faktor pendukung program tersebut dilaksanakan adalah, dari desa membangun Indonesia. Desa telah ditentukan menjadi basis kemajuan bangsa Indonesia. Dimana dengan lahirnya UU Desa No 6 Tahun 2014 dan tersedianya dana desa melalui APBN ialah bentuk komitmen pemerintah pusat untuk membangun desa menjadi  mandiri dan sejahtera.

Komitmen itu merupakan respons terhadap dorongan kuat yang berasal dari sebagian masyarakat yang peduli terhadap nasib desa selama ini.

Dimana saat ini Desa Jojok sedang merealisasikan pembangunan insratruktur sejumlah pembangunan yang  diprogramkan kepala desa pada tahun 2018 ini telah terealisasi  pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desanya.

Selain kegiatan bidang pelaksanaan pembangunan, dana desa tersebut dialokasikan untuk bidang pemberdayaan masyarakat, di antaranya Pelatihan aplikasi siskeudes, pengelolaan koran desa, bantuan insentif guru PAUD serta Pelatihan journalis desa, dan Pelatihan pencegahan dan penanganan tindak pidana korupsi. (FR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *