Idul Adha, PWI Metro Sembelih 3 Ekor Kambing

Suasana pemotongan hewan kurban

Metro – Di Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1439 Hijrayah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro menyembelih tiga ekor kambing di halaman kantor PWI Metro di Jalan AR Prawiranegara Kauman Metro Pusat, Rabu (22/8/2018).
Daging hewan kurban akan dibagikan kepada anggota juga warga sekitar yang membutuhkan.
Ketua PWI Metro Abdul Wahab mengatakan, penyembelihan hewan kurban sebagai bentuk keimanan dan ketaqwaan PWI Kota Metro menjalankan ibadah kurban pada Idul Adha tahun ini. Selain itu, kurban juga merupakan syariat agama umat muslim, dimana umat Islam mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan berbagi kepada sesama.
“Menurut pandangan para ulama, qurban memiliki dimensi ibadah spiritual dan juga memiliki makna dimensi sosial. Hakikat qurban Idul adha adalah bahwa kita harus kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah. Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan kecuali untuk beribadah,” paparnya.
Ia menambahkan, sebagaimana ujian Allah kepada Nabi Ibrahim, hikmah dari segala peistiwa qurban tidak lain tidak bukan adalah untuk memperoleh ridho Allah melalui ibadah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah SWT. Namun tidak sekadar ibadah, umat muslim harus ikhlas dalam menjalankan setiap perintah Allah.
“Kalau tidak, apa yang kita kerjakan dan menurut kita ibadah, itu menjadi sia-sia karena tidak dilakukan dengan ikhlas. Inilah hakikat dari peristiwa qurban dalam Idul Adha. Sebagaimana arti kata qurban yang bermakna qarib atau dekat kepada Allah, maka hakikat kurban adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya,” imbuhnya.
Karena itu, makna qurban dalam pengertian Islam adalah bentuk pendekatan diri kepada Allah melalui hewan ternak yang dikurbankan atau disembelih. Dengan begitu, kita merelakan sebagian harta yang sebetulnya milik Allah untuk orang lain.
“Ini menjadi bagian dari ketaatan kita kepada Allah. Saya berharap kepada anggota PWI untuk dapat meningkatkan kesadaran dalam berqurban dan  Kegiatan semacam ini dapat digelar setiap tahun. Kalau tahun ini jumlah kambing yang disembelih hanya 3 ekor, tahun depan diharapkan jumlahnya bertambah,” tutupnya. (rls/red) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *