Wagub: TNWK Lampung Timur Salah Satu Destinasi Wisata Unggulan Provinsi Lampung

Ist

Lampung Timur_Taman Nasional Way Kambas(TNWK) resmi ditetapkan menjadi salah satu bagian warisan ASEAN, piagam penetapan Taman Nasional Way Kambas sendiri secara langsung diberikan oleh Director Asean Centre Biodiversity, Att Y Roberto D. Oliva kepada Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Tahchir Fathoni, Rabu (27/07/2016) langsung di pusat perlindungan Badak Sumatera, Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur.


Dalam pengantarnya Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Tahchir Fathoni mengatakan “Indonesia khususnya Way Kambas di Lampung ini telah dinyatakan layak untuk ditetapkan sebagai Asean Heritage Park ke-36, penetapan sendiri telah lolos uji dari para ahli seluruh negara-negara Asean menjadi warisan bangsa-bangsa Asean karena memiliki “Outstanding of Value” yaitu berupa Biodiveritas yang endemik ada gajah,  badak, tapir, harimau Sumatera dan masih banyak lainnya, ini kemudian diakui menjadi kawasan yang sangat unggul dan memiliki nilai tersendiri dari kacamata para ahli yang sudah memberikan penilaian” ungkapnya.


Tahchir Fathoni juga menambahkan “setelah Way Kambas ini ditetapkan menjadi salah satu Asean Heritage Park  maka Way Kambas bukan hanya milik dari masyarakat Lampung dan Indonesia saja tetapi telah menjadi milik masyarakat di negara-negara di ASEAN, dengan kondisi tersebut nantinya akan membawa keuntungan tersendiri bagi Way Kambas dimana secara otomatis akan adanya publikasi secara massive tentang Way Kambas hal tersebut akan berdampak dengan bertambahnya masyarakat internasional yang terdorong untuk berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas, hal inilah yang akan membawa keuntungan lebih bagi Indonesia khususnya Lampung” ujar Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Tahchir Fathoni.


Diinformasikan oleh Kabag Humas Heriyansyah, dalam kesempatan yang sama Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan, pengelolaan konservasi, tidaklah lepas dari aspek pemanfaatan, salah satunya adalah pengembangan ekowisata yang berwawasan lingkungan dan kelestarian alam. Kami sangat mendukung pengembangan ekowisata Taman Nasional Way Kambas (TNWK) dengan menjadikan TNWK sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Provinsi Lampung. TNWK memiliki banyak objek wisata alam seperti Pusat Konservasi Gajah (PKG), Resort Way Kanan, Resort Way Bungur, 


“Resort Kuala Kambas dan Plang Ijo. Ekowisata yang berbasis lingkungan ini kami harapkan dapat berdampak positif terhadap kawasan hutan dan lingkungan karena dapat mendatangkan manfaat ekonomi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan” imbuhnya.


Wakil Gubernur juga menjelaskan, penetapan Taman Nasional Way Kambas sebagai kawasan ASEAN Heritage Park yang ke-36 atau yang ke-4 di Indonesia setelah Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Lorentz menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami masyarakat Provinsi Lampung. 


Ditetapkannya Taman Nasional di Provinsi Lampung sebagai “Heritage Site” menunjukkan bahwa Provinsi Lampung kaya akan keanekaragaman hayati yang harus dipertahankan dan dilestarikan keberadaannya. Hal ini tentu akan menjadi komitmen kami bersama dengan AHP Committee untuk terus memelihara proses ekologis dan sistem pendukung kehidupan; melestarikan keragaman genetik; memastikan berkelanjutan pemanfaatan spesies dan ekosistem secara berkelanjutan; serta menjaga keindahan alam, budaya, pendidikan, penelitian, rekreasi.


“Dan pariwisata di Taman Nasional Way Kambas,” papar Bachtiar Basri.


Dalam acara yang dihadiri oleh para delegasi dari negara-negara Asean, turut hadir juga Wakapolda Lampung Kombes. Bonafius Tanpoi, Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bukhori, serta para pejabat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan para pejabat di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. 


Selain penyerahan sertifikat penetapan Taman Nasional Way Kambas sebagai Asean Heritage Park, rombongan delegasi juga berkesempatan melakukan kunjungan lapangan ke pusat konservasi badak Sumatera dan melakukan ritual pemberian nama anak badak yang baru lahir bulan Mei Lalu, yang telah diberikan nama langsung oleh Presiden Jokowi dengan nama Delilah, serta berkesempatan juga berkunjung ke Rumah Sakit Gajah dan melakukan pelepasan burung elang serta sejumlah burung yang menjadi satwa endemik Taman Nasional Way Kambas. (*)
Baca juga: Predikat AHP, Pemerintah Komitmen Komitmen Kembangkan TNWK Lampung Timur

Baca juga: TNWK Lampung Timur Resmi Menjadi ASEAN Heritage Park

Baca juga: TNWK Lampung Timur Ditetapkan AHP, Wagub: Diharapkan Beri Dampak Positif Bagi Kawasan Hutan dan Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *