BANDAR LAMPUNG –Inspektur Provinsi Lampung Ir. Fredy, SM. MM. menghadiri Sosialisasi Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) Tahun 2021 Secara Virtual, bertempat di ruang Command Center Lt.2 Diskominfotik Provinsi Lampung, Kamis (17/02)
Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bapenda, Kadis Penanaman Modal & PTSP, Kadis Kominfo & Statistik, Kadis Pendidikan & Kebudayaan, Kadis PMDes & Transmigrasi, Direktur RSUDAM, Direktur Rumah Sakit Jiwa, Direktur Bandar Negara Husada, Karo Organisasi, Kabid Pada Dinas Sosial.
Dalam Sosialisasi tersebut, Asisten Deputi Digital Transformasi Pelayanan Publik Drs.Yanuar Kemen PANRB melaporkan, terdapat empat tujuan dalam kompetisi ini diantaranya yaitu untuk menjaring, mendokumentasikan, mendiseminasikan, dan mempromosikan pengelolaan pengaduan pelayanan publik sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.
Kedua memotivasi penyelenggara pelayanan publik untuk membangun pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang terintegrasi, partisipatif, dan dimanfaatkan untuk perbaikan berkelanjutan.
Kemudian, untuk mewujudkan manajemen pengetahuan dalam penyelenggaraan pelayanan publik, terutama dalam hal pertukaran pengalaman dan pembelajaran pengelolaan pengaduan pelayanan publik.
Drs. Yanuar menambahkan, ini adalah ke 4 kalinya dilaksanakan kompetisi, tahun ini melibatkan Kemendagri dan Kominfo sebagai anggota baru, akan dipilih 51 instansi terbaik 6 instansi Pemerintah yakni 30 Pemerintah umum dan 16 Instansi Pelayanan Publik, selanjunya dari hasil penjurian tersebut akan diambil 4 pemenang.
Dalam kesempatan itu juga President Represantive of UNDP Norimasa Shimomura mengatakan selama pandemi Covid-19 harus memiliki sistem pengaduan pelayanan publik yang baik, secara umum UNDP sangat bangga dapat bekerja sama dengan PANRB.
Bahkan salah satu fokus kita membuat sistem pleyanan publik menjadi eksklusif dan tepat waktu untuk penyandang disabilitas. “UNDP tetap berkomitmen dan memberi dukungan dengan berbagai upaya, ” Kata dia.
Sedangkan Direktur Koica Indonesia Yun-Gil Jeong dalam sambutannya mengatakan acara ini akan memberikan kontribusi terhadap upaya kesadaran masyarakat Indonesia
Program kerja ini fokus untuk memperkuat pengaduan pelayanan publik nasional dan pengetahuan publik, dengan diselenggarakan kompetisi ini pelayanan publik dapat dipermudah dan sistem pelayanan publik dapat efektif di Indonesia.