Dinkes Lampung Tunggu Hasil Swab dari BTKL Palembang

Bandarlampung–Dinas Kesehatan Provinsi Lampung masih menunggu hasil swab dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Palembang Sumatera Selatan dan Balitbangkes Jakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana menyebut saat ini masih ada 54 contoh swap yang belum ada hasilnya. Apakah terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau tidak.

“Saat ini kami menunggu 54 swab. Yang masih menunggu hasilnya, baik dari BTKL Palembang dan Balitbangkes,” kata Reihana seperti dilansir harianmomentum.com, Senin 27 April 2020.

Hingga saat ini, berdasarkan hasil swab yang sudah dilakukan, Lampung memiliki 42 kasus positif covid-19. Rinciannya: 27 dalam perawatan, 10 dinyatakan sembuh dan lima meninggal dunia.

Sebelumnya, Reihana pernah mengatakan uji swab dilakukan terhadap pasien dalam pengawasan (PDP), orang tanpa gejala (OTG) yang hasil rapid testnya positif. Termasuk hasil tracing dari pasien yang sudhat terkonfirmasi positif.

Dia juga mengatakan penumpukan sample swab itu dikarenakan reagen atau cairan yang digunakan untuk mendukung pengujian tes Covid-19 metode PCR (polymerase chain reaction) habis.

Sehingga, begitu reagen di BTKL Palembang dan Balitbangkes sudah tersedia, akan langsung dilakukan uji swab secara menyeluruh.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *