Humas Bank Lampung Suratman |
Bandarlampung-
Ironisme Bank Lampung, ketika yang lain menjadikan juru bicara sebagai garda
institusi, namun Bank Lampung justru terbalik.
Humas yang
notabene juga corong informasi, malah menjadi menghambat Keterbukaan Informasi
Publik(KIP).
notabene juga corong informasi, malah menjadi menghambat Keterbukaan Informasi
Publik(KIP).
Buktinya, saat
humas Bank Lampung kantor utama, Suratman berulang dikonfirmasi soal dugaan
penggelapan uang oleh Felisia Fransiana Pramita mantan pegawai Bank Lampung
Kantor Cabang Pembantu(KCU) Antasari Bandarlampung selalu berkilah, Suratman
mengaku tidak mengetahui jumlah uang yang digelapkan dan status pegawai
tersebut.
humas Bank Lampung kantor utama, Suratman berulang dikonfirmasi soal dugaan
penggelapan uang oleh Felisia Fransiana Pramita mantan pegawai Bank Lampung
Kantor Cabang Pembantu(KCU) Antasari Bandarlampung selalu berkilah, Suratman
mengaku tidak mengetahui jumlah uang yang digelapkan dan status pegawai
tersebut.
Kasat mata
Ketua Pusat Kajian Analisis Masyarakat(PUSKAM) Fery Yansyah mengatakan, ada
baiknya seorang humas diisi oleh orang-orang yang berkopeten di bidangnya.
Ketua Pusat Kajian Analisis Masyarakat(PUSKAM) Fery Yansyah mengatakan, ada
baiknya seorang humas diisi oleh orang-orang yang berkopeten di bidangnya.
Dugaan Penggelapan Rp 6,7 M, Direksi Bank Lampung: Gubernur Sudah Tahu
“Setidaknya bisa
melayani media dengan baik,” kata Fery, Senin (27/02/2017).
“Setidaknya bisa
melayani media dengan baik,” kata Fery, Senin (27/02/2017).
Ia menambahkan,
fungsi humas sebagai corong informasi harus satu komando oleh pimpinan, serta
bisa menjelaskan ke public dengan pemahaman yang mencerdasan.
fungsi humas sebagai corong informasi harus satu komando oleh pimpinan, serta
bisa menjelaskan ke public dengan pemahaman yang mencerdasan.
“Agar tidak
menjadi presen buruk,” ungkapnya.
menjadi presen buruk,” ungkapnya.
Ia mempertanyakan
sikap Humas Bank Lampung Suratman atas dugaan tertutupnya informasi pada media.
sikap Humas Bank Lampung Suratman atas dugaan tertutupnya informasi pada media.
Merujuk dai
situs humas-publicrelations.blogspot.com.
situs humas-publicrelations.blogspot.com.
Hubungan
masyarakat (humas) adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik
sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu
individu/organisasi. Humas merupakan terjemahan istilah bahasa Inggris: Public
Relations (sering disingkap PR) atau “Hubungan Publik”.
masyarakat (humas) adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik
sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu
individu/organisasi. Humas merupakan terjemahan istilah bahasa Inggris: Public
Relations (sering disingkap PR) atau “Hubungan Publik”.
Menurut
International Public Relations Association (IPRA), Humas adalah fungsi
manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan
lembaga swasta atau publik (public) untuk memperoleh pengertian, simpati, dan
dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan
penelitian opini public di antara mereka.
International Public Relations Association (IPRA), Humas adalah fungsi
manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan
lembaga swasta atau publik (public) untuk memperoleh pengertian, simpati, dan
dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan
penelitian opini public di antara mereka.
Tanggung Jawab Humas
Sebagai
sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi,
mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat
akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi,
mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat
akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
Seorang
humas selanjutnya diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil
tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan,
menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan
masyarakatnya.
humas selanjutnya diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil
tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan,
menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan
masyarakatnya.
Posisi humas
merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen
organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara
operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan
publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di
antara keduanya.
merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen
organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara
operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan
publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di
antara keduanya.
Tugas Humas
Contoh tugas
Humas atau kegiatan staf PR adalah melobi, berbicara di depan publik,
menyelenggarakan acara, dan membuat pernyataan tertulis.
Humas atau kegiatan staf PR adalah melobi, berbicara di depan publik,
menyelenggarakan acara, dan membuat pernyataan tertulis.
Konsep dasar
Humas diperkenalkan pada tahun 1906 oleh Ivy Lee saat ia berhasil menjembatani
konflik buruh batubara dan pengusaha. Konsep ini lalu dikenal sebagai
Declaration of Principle (Deklarasi Asas-Asas Dasar), yaitu prinsip yang
terbuka dan tidak menyembunyikan data dan fakta.
Humas diperkenalkan pada tahun 1906 oleh Ivy Lee saat ia berhasil menjembatani
konflik buruh batubara dan pengusaha. Konsep ini lalu dikenal sebagai
Declaration of Principle (Deklarasi Asas-Asas Dasar), yaitu prinsip yang
terbuka dan tidak menyembunyikan data dan fakta.
Humas di
Indonesia dikenal pada tahun 1950-an yang bertugas untuk menjelaskan peran dan
fungsi-fungsi setiap kementrian, jawatan, lembaga, badan, dan lain sebagainya.
Indonesia dikenal pada tahun 1950-an yang bertugas untuk menjelaskan peran dan
fungsi-fungsi setiap kementrian, jawatan, lembaga, badan, dan lain sebagainya.
Pekerjaan
seorang humas adalah tugas-tugas yang dilakukan oleh seorang humas dalam
mempromosikan pengertian dan pengetahuan akan seluruh fakta-fakta tentang
runtutan situasi atau sebuah situasi dengan sedemikian rupa sehingga
mendapatkan simpati akan kejadian tersebut.
seorang humas adalah tugas-tugas yang dilakukan oleh seorang humas dalam
mempromosikan pengertian dan pengetahuan akan seluruh fakta-fakta tentang
runtutan situasi atau sebuah situasi dengan sedemikian rupa sehingga
mendapatkan simpati akan kejadian tersebut.
Pada umumnya
kesan yang jelek datang dari ketidak-pedulian, prasangka buruk, sikap melawan,
dan apatis. Seorang petugas humas harus mampu untuk mengubah hal-hal ini
menjadi pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan.
kesan yang jelek datang dari ketidak-pedulian, prasangka buruk, sikap melawan,
dan apatis. Seorang petugas humas harus mampu untuk mengubah hal-hal ini
menjadi pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan.
Bagian
penting dari pekerjaan petugas Humas dalam suatu organisasi adalah:
penting dari pekerjaan petugas Humas dalam suatu organisasi adalah:
Membuat
kesan (image), yaitu gambaran yang diperoleh seseorang tentang suatu fakta
sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pengertian mereka (terhadap suatu produk,
orang, atau situasi).
kesan (image), yaitu gambaran yang diperoleh seseorang tentang suatu fakta
sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pengertian mereka (terhadap suatu produk,
orang, atau situasi).
Pengetahuan
dan pengertian. Humas memiliki peran penting dalam membantu menginformasikan
pada publik internal (dalam organisasi) dan publik eksternal (luar organisasi)
dengan menyediakan informasi akurat dalam format yang mudah dimengerti sehingga
ketidak-pedulian akan suatu organisasi, produk, atau tempat dapat diatasi
melalui pengetahuan dan pengertian.
dan pengertian. Humas memiliki peran penting dalam membantu menginformasikan
pada publik internal (dalam organisasi) dan publik eksternal (luar organisasi)
dengan menyediakan informasi akurat dalam format yang mudah dimengerti sehingga
ketidak-pedulian akan suatu organisasi, produk, atau tempat dapat diatasi
melalui pengetahuan dan pengertian.
Menciptakan
ketertarikan. Humas juga harus dapat menciptakan ketertarikan publik dalam
suatu situasi atau serial situasi, yang bisa jadi berpengaruh besar dalam suatu
organisasi atau sekelompok orang.
ketertarikan. Humas juga harus dapat menciptakan ketertarikan publik dalam
suatu situasi atau serial situasi, yang bisa jadi berpengaruh besar dalam suatu
organisasi atau sekelompok orang.
Penerimaan.
Masyarakat mungkin bersikap melawan pada sebuah situasi karena mereka tidak
mengerti apa yang sedang terjadi, atau mengapa hal tersebut terjadi. Profesi
humas mempunyai peran kunci untuk menjelaskan sebuah situasi atau kejadian
dengan sejelas-jelasnya sehingga ketidak-pedulian, dan bahkan sikap menentang,
yang menjadi atmosfer disekelilingnya dapat diputar menjadi pengertian dan
penerimaan.
Masyarakat mungkin bersikap melawan pada sebuah situasi karena mereka tidak
mengerti apa yang sedang terjadi, atau mengapa hal tersebut terjadi. Profesi
humas mempunyai peran kunci untuk menjelaskan sebuah situasi atau kejadian
dengan sejelas-jelasnya sehingga ketidak-pedulian, dan bahkan sikap menentang,
yang menjadi atmosfer disekelilingnya dapat diputar menjadi pengertian dan
penerimaan.
Simpati.
Dengan mengemukakan informasi secara jelas dan tidak bias, umumnya merupakan
cara yang berhasil untuk meraih simpati.
Dengan mengemukakan informasi secara jelas dan tidak bias, umumnya merupakan
cara yang berhasil untuk meraih simpati.
Humas adalah
sebuah proses yang terus menerus dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh
kemauan baik dan pengertian dari pelanggan, pegawai, dan publik yang lebih
luas. Dalam pekerjaannya, seorang humas membuat analisis ke dalam dan perbaikan
diri, serta membuat pernyataan-pernyataan keluar.
sebuah proses yang terus menerus dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh
kemauan baik dan pengertian dari pelanggan, pegawai, dan publik yang lebih
luas. Dalam pekerjaannya, seorang humas membuat analisis ke dalam dan perbaikan
diri, serta membuat pernyataan-pernyataan keluar.
Pada umumnya
kesan yang jelek datang dari ketidak-pedulian, prasangka buruk, sikap melawan,
dan apatis. Seorang humas harus mampu untuk mengubah hal-hal ini menjadi
pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan.
kesan yang jelek datang dari ketidak-pedulian, prasangka buruk, sikap melawan,
dan apatis. Seorang humas harus mampu untuk mengubah hal-hal ini menjadi
pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan.
Fungsi humas
Menurut
Edward L.Bernays humas memiliki fungsi sebagai berikut :
Edward L.Bernays humas memiliki fungsi sebagai berikut :
Memberikan
penerangan kepada publik,
penerangan kepada publik,
Melakukan
persuasi kepada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik
persuasi kepada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik
Upaya untuk
menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan
masyarakat, atau sebaliknya.
menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan
masyarakat, atau sebaliknya.
Kegiatan humas
70% persen
dari kegiatan humas berhubungan dengan tulis-menulis selain tugas-tugas
lainnya, di antaranya:
dari kegiatan humas berhubungan dengan tulis-menulis selain tugas-tugas
lainnya, di antaranya:
Merancang
pesan tematik agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/
keterkaitan pesan.
pesan tematik agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/
keterkaitan pesan.
Melakukan
segmentasi media, dimana seorang humas harus mampu memformulasikan keseimbangan
saling dukung antara media cetak dan elektronik.
segmentasi media, dimana seorang humas harus mampu memformulasikan keseimbangan
saling dukung antara media cetak dan elektronik.
Komunikasi
interaktif. Contohnya beberapa organisasi dalam merancang logonya melakukan
pelibatan konsumen dimana dilakukan kompetisi merancang logo, contoh lain
adalah rubrik konsultasi atau jasa layanan konsumen melalui telpon.
interaktif. Contohnya beberapa organisasi dalam merancang logonya melakukan
pelibatan konsumen dimana dilakukan kompetisi merancang logo, contoh lain
adalah rubrik konsultasi atau jasa layanan konsumen melalui telpon.
Menjaga
reputasi perusahaan dan citra produk melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan
atau kombinasinya.
reputasi perusahaan dan citra produk melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan
atau kombinasinya.
Iklan
multiguna (memanfaatkan momentum psikologis).
multiguna (memanfaatkan momentum psikologis).
Penjualan
simpatik.
simpatik.
Melakukan
iklan layanan masyarakat.
iklan layanan masyarakat.
Pemasaran
dari mulut kemulut.
dari mulut kemulut.
Ajang
pemasaran khusus dimana aktivitas dirancang untuk melibatkan khalayak.
pemasaran khusus dimana aktivitas dirancang untuk melibatkan khalayak.
Memanfaatkan
komunikasi yang akrab untuk pelanggan. (*)
komunikasi yang akrab untuk pelanggan. (*)