Gubernur Lampung Launching Gerbang Desa

BANDARLAMPUNG-Humas Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo hari ini (17/12) secara resmi melaunching Program Gerakan Membangun (Gerbang) Desa Saburai, acara launching sendiri dilaksanakan di Desa Gedung Harapan,  Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Penjabat Bupati Lampung Selatan Kherlani, Penjabat Bupati Way Kanan Albar Hasan Tanjung, Dirut Bank Lampung Mangkoe Sasmito dan para kepala SKPD di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Lampung.

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, Gubernur Lampung mengatakan Penyelenggaraan Gerakan Membangun (Gerbang) Desa Saburai,  adalah salah satu upaya untuk memperkecil kesenjangan pembangunan antar wilayah/desa di Provinsi Lampung dengan mengembangkan strategi yang menggabungkan antara perencanaan pembangunan partisipatif masyarakat dan perencanaan pembangunan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung. Hal ini sejalan dengan tujuan penyelenggaraan otonomi daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat. 

Ditegaskan oleh M. Ridho Ficardo bahwa tujuan penyelenggaraan Program Gerbang Desa Saburai Tahun 2015 antara lain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, menyatu padukan program kegiatan penanggulangan kemiskinan berbasis masyarakat pedesaan, mengembangkan kapasitas kelembagaan masyarakat pemerintahan khususnya pemerintah desa, menyediakan sarana dan prasarana sosial dasar dan ekonomi yang diprioritaskan bagi masyarakat serta terbentuk dan berkembanganya kerjasama antar desa dalam pengelolaan pembangunan, ujarnya. 

Gubernur Lampung dalam penutupnya mengakatan bahwa lokasi pelaksanaan program Gerbang Desa Saburai pada Tahun 2015, adalah sebanyak 30 (tiga puluh) Desa dan 100  (seratus) Desa pada tahun 2016. 

Pencapaian tujuan program Gerbang Desa Saburai,  dapat dikatakan berhasil apabila masyarakat ikut berpartisipasi secara aktif dalam setiap pengambilan keputusan dan kegiatan setiap pengambilan keputusan dan kegiatan yang menyangkut kepentingannya, pungkas M.Ridho Ficardo menutup sambutannya.

Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah Acara Launching program Gerakan Membangun (Gerbang) Desa Saburai diadakan pula acara pengobatan gratis bagi keluarga tidak mampu, penyuluhan KB dan IUD dari Dinas Kesehatan, serta diberikan juga bantuan paket sembako dari Bank Lampung dan Dinas Sosial Provinsi Lampung, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Bank Lampung dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan,  sebagai bentuk dukungan PT. Bank Lampung dalam Program Gerbang Desa Saburai Tahun 2015 ini. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *